Free cookie consent management tool by TermsFeedPupuk Kaltim Dorong Pertanian berkelanjutan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan - Demfarm
logo-demfarm

Pupuk Kaltim Dorong Pertanian berkelanjutan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan

·
Pupuk Kaltim Dorong Pertanian berkelanjutan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan
Pupuk Kaltim Dorong Pertanian berkelanjutan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan (Pupuk Kaltim Dorong Pertanian berkelanjutan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan)

Ada sejumlah langkah yang dilakukan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dalam upaya meningkatkan produktivitas sektor pertanian secara berkelanjutan. Salah satunya adalah mendukung peran Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (FK P4S) Kabupaten Lumajang melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam bentuk pelatihan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

VP Marketing Business Partner Korporasi PKT Indah Febrianty mengatakan pertanian berkelanjutan menjadi salah satu aspek fundamental dalam mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya produktivitas pertanian daerah melalui peningkatan hasil produksi pada beragam komoditas. Diharapkan, hal tersebut bisa menjadi perhatian FK P$S Lumajang melalui pendampingan petani, sekaligus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mendorong pertanian daerah.

“Hal ini sejalan dengan Langkah PKT dalam mendorong sektor pertanian dengan memacu produktivitas komoditas unggulan di berbagai daerah, sehingga mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil dan kesejahteraan petani,” kata Indah.

Program Agrosolution PKT

Peningkatan produktivitas pertanian daerah, lanjut Indah, menjadi salah satu perhatian PKT yang direalisasikan pada berbagai program. Salah satunya melalui Agrosolution yang dikenalkan PKT pada Festival Tani Lumajang tahun 2022 lalu. Dalam Agrosolution ini, diberikan edukasi berbagai produk unggulan perusahaan dalam mendorong produktivitas tanaman.

Nantinya program Agrosolution di Kabupaten Lumajang secara spesifik akan menyasar produktivitas pisang, tembakau, hingga salak yang menjadi komoditas unggulan daerah. Dalam hal ini PKT akan berfokus dalam mendorong peningkatan hasil melalui pola pendampingan pemupukan berimbang, sekaligus memberikan kemudahan akses agri input sebagai bentuk nilai tambah dalam mendorong kesejahteraan petani daerah.

"Melalui program Agrosolution, Pupuk Kaltim siap berkolaborasi bersama seluruh pihak terkait seperti FK P4S hingga Pemerintah Daerah, untuk memberikan manfaat dan nilai tambah bagi petani. Sehingga kedepan, produktivitas hasil komoditas andalan di Lumajang bisa lebih dioptimalkan," tandas Indah.

Produk Pupuk Unggulan PKT

Menurut Indah, Pupuk Kaltim memiliki berbagai produk unggulan yang cocok dengan kebutuhan tanaman pisang. Salah satunya NPK Pelangi JOS sebagai produk terbaru yang menggabungkan fungsi pupuk kimia dan hayati dalam satu kemasan, sehingga mampu menjaga daya dukung lahan secara berkesinambungan. 

Selain itu Pupuk Kaltim juga memiliki produk Urea Daun Buah, NPK Pelangi, serta Ecofert dan Biodex sebagai pupuk hayati yang juga telah teruji kualitasnya. Sehingga dengan program Agrosolution, Pupuk Kaltim dapat memberikan edukasi dan pendampingan langsung pola pemupukan berimbang, agar produktivitas hasil semakin tercapai serta memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap kesejahteraan petani. 

Manfaat Pertanian Berkelanjutan

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki sektor pertanian yang besar dan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Salah satu penerapannya adalah dengan metode pertanian berkelanjutan. 

Pertanian berkelanjutan telah menjadi tema penting pembangunan pada skala global dan nasional. Pada skala global, pertanian berkelanjutan menjadi penting karena pertanian merupakan sumber utama makanan bagi kebanyakan orang di dunia, dan pertanian selama ini juga merupakan salah satu penyumbang utama emisi gas rumah kaca. Jika tidak dikelola dengan baik, pertanian dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengurangi produktivitas lahan di masa depan. 

Pertanian berkelanjutan merupakan konsep yang digunakan oleh lembaga pangan dunia-FAO (Food and Agriculture Organization), untuk menghubungkan antara masalah ketahanan pangan dengan wacana perubahan iklim. Pertanian berkelanjutan dipandang FAO sebagai upaya mitigasi penting yang dapat menurunkan emisi karbon.

Sektor pertanian, dari hasil penelitian FAO, merupakan salah satu sektor yang menyumbang emisi karena dapat meningkatkan temperature udara 1-2 derajat celcius. Pengurangan emisi pun telah menjadi kesepakatan global, seperti disepakati dalam Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim yang termaktub dalam Paris Agreement.

Untuk mengakomodir hal tersebut, perubahan sistem pertanian dan sistem pangan perlu memuat perubahan yang bersifat ekonomis dan teknis. Faktor perubahan teknis salah satunya, adalah mencakup ketersediaan benih yang tahan terhadap kekeringan maupun tahan banjir. Selain itu, pertanian modern menggunakan mesin dapat menjadi salah satu bentuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Manfaat Pertanian Berkelanjutan

Pertanian berkelanjutan memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu pihak - pihak yang terkait. Salah satunya adalah menghemat biaya operasional, karena lahan yang digunakan adalah lahan yang sudah pernah digunakan sebelumnya. 

Petani juga dapat mengambil benih dari tanaman tua yang sudah siap sehingga tidak perlu membeli benih baru dan tentunya lebih hemat. Selain itu, petani dapat memaksimalkan produksi hasil pertanian sepanjang tahun. 

Ketika tiba waktu panen, hasil produk pertanian menjadi lebih sehat karena petani menjaga nutrisi dan lahan yang digunakan sebagai media tanam. Pertanian berkelanjutan dapat meningkatkan stabilitas ekosistem yang ada di alam. Hal ini membuat lingkungan menjadi lebih terjaga, keanekaragaman hayati yang terdiri dari sebagian komponen biotik dan komponen abiotik juga lebih terurus sehingga akan menghasilkan produk yang stabil.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertanian, PT Pupuk Indonesia (Persero)) diharapkan berperan dalam produksi pupuk kimia dan pupuk organik, serta menyediakan beragam solusi nutrisi untuk pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dan kualitas hasil pertanian. 

Salah satunya dengan menyediakan pupuk yang berkualitas tinggi dan memberikan informasi kepada petani tentang cara menggunakan pupuk tersebut dengan benar. Selain itu PT Pupuk Indonesia dapat memberikan edukasi kepada petani tentang teknik pertanian yang efisien seperti penggunaan teknologi pertanian yang ramah lingkungan dan sistem tanam yang sesuai dengan kondisi lokal. (Tyo)

Topik
Artikel Terbaru